Box Layout

HTML Layout
Backgroud Images
Backgroud Pattern
  • Bakohumas Kota Palembang
blog-img-10

Menkominfo dan Pj Wali Kota Palembang Ajak Pemilih Pemula Sukseskan Pemilu 2024

Penjabat (Pj) Wali Kota Palembang Ratu Dewa menjadi narasumber pada acara bertajuk "Demi Indonesia Cerdas Memilih Untuk Meningkatkan Literasi Masyarakat Soal Pemilu 2024."

Selain Dewa, acara sosialisasi pendidikan politik yang dipusatkan di The Sultan Convention Center Palembang, Senin (22/1/2024), ini menghadirkan pembicara Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI Budi Arie Setiadi dan Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni.

Ribuan pelajar SMA dan SMK di Sumsel hadir di acara ini. Mereka adalah pemilih pemula yang akan mengunakan hak pilihnya untuk pertama kalinya tahun ini.

Sasaran sosialisasi pendidikan politik bagi pemilih pemula dalam menentukan pemimpin lima tahun kedepan ini adalah  mereka yang telah menginjak usia 17 tahun keatas atau kelas XII.

Menteri Komunikasi dan Informatika RI Budi Ari Sutiadi mengatakan, generasi muda agar tidak terjebak dalam isu hoaks yang beredar di media sosial (Medsos).

“Pada saat ini media sosial yang sangat tren di mana penyebaran berita hoaks masih meningkat. Namun, di tahun 2023 per Oktober sampai Januari 2024 turun di angka 204 ribu, meskipun berada diangka tersebut masih ada juga hoaxsnya," Budi Ari menerangkan.

Budi Ari mengatakan, partisipasi pemilih pemula dalam pemilu mendatang sangat mempengaruhi kualitas pemilu.

Sebab semakin banyak atau tingginya partisipasi warga mengunakan hak pilihnya, maka semakin berkualitas pemilu yang dilaksanakan 14 Febuari mendatang.

 “Pemilih pemula harus cerdas mengunakan hak pilihnya,” katanya.

Sementara itu Penjabat (Pj) Wali Kota Palembang Ratu Dewa mengatakan, generasi Z ini memiliki suara dan hak pilih yang sangat penting dalam mensukseskan pemilu yang hanya menunggu hitungan hari kedepan.

“Saya mengajak mereka untuk bersama-sama menggunakan hak suaranya pada 14 Februari mendatang dengan mendatangi Tempat Pemungutan Suara (TPS) mereka masing-masing. Saya juga mengajak mengunakan sosial media dengan bijak dan santun tanpa harus menjelek-jelekan orang lain," ujar Dewa. (*)