Box Layout

HTML Layout
Backgroud Images
Backgroud Pattern
  • Bakohumas Kota Palembang
blog-img-10

Pemkot Palembang Jadi Kota Percontohan Atasi Stunting di Sumsel

Pemerintah Kota Palembang terus berupaya menurunkan angka stunting. Antara lain melalui penyaluran bantuan sosial kepada masyarakat kota ini.

Penjabat (Pj) Wali Kota Palembang Ratu Dewa secara simbolis menyerahkan bantuan berupa paket makanan dan minuman untuk balita stunting, di rumah dinasnya, Jumat (26/1/2024).

Turut hadir dan menyaksikan penyerahan bantuan, Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni.

"Jumlahnya ada 437 paket. Kalau untuk keluarga penerima manfaat yang masuk kategori miskin berjumlah 12.812, dan semua sudah kita laksanakan," ujar Pj Wali Kota Ratu Dewa.

Ia menyebut, ikhtiar Pemkot Palembang ini sudah sesuai arahan dari pemerintah pusat yakni Presiden RI Joko Widodo.

Di mana program prioritas, baik penanggulangan angka kemiskinan ekstrim, pengendalian inflasi hingga masalah stunting.

"Dan semua program prioritas ini telah kita laksanakan secara maksimal dan optimal. Alhamdulillah syukur juga ini merupakan kerja bersama antara Pemerintah kota Palembang dengan seluruh OPD yang ada," ungkap Dewa.

"Termasuk juga forum CSR dan juga ada di dalamnya pihak perbankan dan sektor swasta lainnya, baik PKK, Dharma Wanita, semuanya berkolaborasi," Dewa menambahkan.

Selnajutnya, Ratu Dewa mengungkapkan jika kedepan Pemkot Kota Palembang akan terus menggencarkan program Bapak Asuh yang dikoordinir oleh Dinas PPKB secara rutin.

"Jadi nantinya masing-masing kepala OPD bertanggung jawab terhadap anak-anak yang terkena stunting," tegas Ratu Dewa.

Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni menyampaikan apresiasi terhadap kinerja Pemkot Palembang. 

"Palembang bisa menjadi contoh yang bisa ditiru oleh daerah lain. Karena Pemerintah Kota Palembang sudah bisa memberikan 18 ribu lebih bantuan kepada keluarga stunting dan kepada keluarga miskin ekstrim. Dan ini sangat luar biasa," ujar Fatoni. (*)