Air Bersih Tirta Musi Jangkau 83 Persen Rumah Tangga

Monday, 09/04/2018 SKPD 0 comments

Sekretaris Daerah Kota Palembang, Harobin Mastofa, meminta setiap organisasi perangkat daerah (OPD) memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat.

“Jangan sampai ada keluhan masyarakat mengenai pelayanan kita. Itu tugas kita untuk melayani masyarakat sesuai tupoksinya masing-masing,” ujar Harobin, dalam sambutannya saat peringatan Hari Jadi ke-42 PT PDAM Tirta Musi Palembang, Minggu (8/4/2018).

Khususnya PDAM Tirta Musi, yang merupakan instansi sentral dalam memenuhi kebutuhan masyarakat akan air bersih.

“Kami berharap, di hari jadinya ini, pelayanan air bersih lebih baik lagi, dan bisa mengcover semua kebutuhan air bersih warga Palembang,” kata Harobin.

Direktur Utama PT PDAM Tirta Musi Palembang, Andi Wijaya, menerangkan, saat ini pihaknya tengah berupaya meningkatkan kapasitas pengolahan air bersih.

Antara lain, di kawasan Karang Anyar, ditingkatkan menjadi 400 liter per detik, di kawasan Poligon jadi 150 liter per detik, dan di Sematang Borang 150 liter per detik.

“Untuk kawasan Seberang Ulu dibangun baru, kapasitas 500 liter per detik dengan total 276 ribu pelanggan. Artinya 82 persen rumah tangga di Kota Palembang sudah tercover,” ujar Andi.

Ia menambahkan, tahun ini Tirta Musi juga menargetkan selesai perbaikan jaringan di kawasan Gandus, Tanjung Barangan, Talang Jambe, Sukarami dan Sako.

Andi menerangkan, PDAM Tirta Musi saat ini sudah melayani 275.000 Sambungan Langganan (SL), yang dilayani 9 kantor pelayanan cabang. Adapun kapasitas produksi terpasang 3.920 liter per detik.

Sejak 2017 silam, Tirta Musi telah membangun Intake dan Instalasi Pengolahan Air (IPA) Ogan 2 di wilayah Seberang Ulu.

Ke depannya PDAM Tirta Musi Palembang akan melakukan pembangunan IPA Gandus dan Booster Pump Tegal Binangun, serta penambahan kapasitas di IPA Polygon dan Optimalisasi Kapasitas di IPA Borang, IPA Karang Anyar dan IPA 3 Ilir.

Andi mengatakan, pihaknya juga sedang berinovasi melalui penggunaan teknologi baru untuk meningkatkan kapasitas IPA.

“Berbagai upaya itu untuk meningkatkan cakupan pelayanan yang saat ini mencapai 83% menjadi 100%, sehingga seluruh warga Palembang dapat menikmati air bersih.” (*)

Comments ( 0 )
Post Comment

© 2018 BAKOHUMAS Kota Palembang