Mendesak, Pembentukan UPT Disdukcapil di Kecamatan

Tuesday, 10/04/2018 SKPD 2 comments


Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Palembang, Edwin Effendi, mengatakan, pembentukan unit pelaksana teknis (UPT) di setiap kecamatan sudah mendesak.

“Keberadaan UPT itu sangat urgen dan perlu segera ada. Karena selama ini, meskipun ada, petugas di kecamatan hanya staf. Padahal, keberadaan Disdukcapil di kecamatan harus memiliki wewenang yang hampir sama. Karena administrasi bukan hanya KTP,” ujar Edwin, Selasa (10/4/2018).

Menurut dia, masyarakat juga semakin tertib administrasi, dengan mengurus, antara lain KTP, KK, Akta Kelahiran dan lainnya. Hal ini perlu ditunjang dengan pelayanan prima dari pemerintah. Salah satunya dengan pembentukan UPT di kecamatan.

“Kami terus mengupayakan agar UPT Disdukcapil di kecamatan ini segera terbentuk. Kami akan mengusulkan ke Bagian Ortala, untuk diteruskan ke DPRD Palembang,” Edwin menyebutkan.

Ia menerangkan, fungsi UPT yakni membackup tugas dari kantor Disdukcapil Palembang, terkait pembuatan KTP, KK Akta Kelahiran.

“Semuanya bisa diurus di UPT. Jika semua diurus di kantor Disdukcapil sekarang, wajar selalu terjadi antrean dan padat.”

Edwin melanjutkan, pembentukan UPT juga sesuai keinginan Menteri Dalam Negeri terkait layanan administrasi kependudukan harus selesai satu jam. Jika melihat kondisi sekarang, mana mungkin untuk menyelesaikan layanan administrasi dapat selesai satu jam.

"Setelah UPT ini terbentuk, kita akan segera membuat Standar Operasional Prosedur (SOP) nya. Jika memang tidak dapat diselesaikan pihak kecamatan, maka wewenangnya akan dialihkan ke UPT.” (*)

Penulis: Ria Amelia

Penyunting: Hidayatullah


Comments ( 2 )
  1. User Avatar
    avrian - avrian7790@gmail.com Post author

    terima kasih informasinya

  2. User Avatar
    Dadan Sujana Kusumah - dadan.sujana03@gmail.com Post author

    Kegiatan yang bagus pak agar tertib administrasi kependudukan, terimakasih.

Post Comment

© 2018 BAKOHUMAS Kota Palembang