Palembang Kota Terbaik Pertama Perencanaan Pembangunan

Thursday, 12/04/2018 Walikota Palembang 0 comments

Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan mengganjar Palembang sebagai Kota Terbaik 1 Perencanaan Pembangunan Daerah Sriwijaya tahun 2018.

Penghargaan itu diserahkan Gubernur Sumsel Alex Noerdin dan diterima oleh Pejabat sementara (Pjs) Wali Kota Palembang, Akhmad Najib, di acara rapat pembahasan, pembukaan, serta penutupan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah (Musrenbang RKP) Provinsi Sumsel, di Hotel Novotel, Kamis (12/4/2018).

Penyerahan penghargaan ini dihadiri, antara lain, Sekjen Kemendagri Hadi Prabowo, Inspektur Utama Bapennas Roni Susanto, bupati dan wali kota di Sumsel.

Selain Palembang, Penghargaan Pembangunan Daerah Sriwijaya juga diberikan kepada Pagaralam, Musi Banyuasin, Muara Enim, dan OKU.

“Kemajuan Kota Palembang dari segala sektor sangat terlihat selama lima tahun ini,” kata Alex.

Gubernur berharap sinergi antara pemerintah daerah, pemerintah pusat dunia usaha dan masyarakat dalam perencanaan serta pelaksanaan pembangunan terus terjalin. Serta tidak ada konflik.

“Zero konflik adalah modal utama pembangunan. Zero konflik harus kita pertahankan, agar investor tidak ragu untuk menanamkan investasi di Sumsel,” ujar Alex.

Penghargaan Pembangunan Daerah Sriwjaya bertujuan untuk mendorong setiap daerah (kabupaten/kota) untuk menyiapkan dokumen Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) secara lebih baik, konsisten, komprehensif, terukur, dan dapat dilaksanakan.

Juga bertujuan menciptakan insentif bagi pemerintah daerah untuk mewujudkan perencanaan pembangunan yang lebih baik dan bermutu.

Adapun objek ruang lingkup penilaian penghargaan ini meliputi Dokumen RKPD, proses penyusunan RKPD, dan pencapaian pelaksanaan dokumen RKPD.
 
Penilaian juga dilakukan terhadap inovasi yang dikembangkan, serta penilaian khusus terkait pelaksanaan pembangunan di daerah.

Pejabat sementara (Pjs) Wali Kota Palembang, Akhmad Najib, mengatakan, penghargaan yang akan diraih menjadi motivasi bagi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk lebih meningkatkan kinerja dan perencanaan pembangunan.

“Prestasi dan penghargaan yang dicapai tidak terlepas dari kerja tim dan kerja sama seluruh aparatur sipil negara di Pemkot Palembang,” kata Najib.

Tak kalah pentingnya, perencanaan pembangunan Pemkot Palembang juga diserap dari aspirasi masyarakat. Hal ini telah mulai dilakukan semasa wali kota Palembang dijabat Harnojoyo dan wakilnya Fitrianti Agustinda. (*)

aa

Comments ( 0 )
Post Comment

© 2018 BAKOHUMAS Kota Palembang