Pemkab Semarang Puji Program Gotong Royong Palembang

Wednesday, 18/04/2018 Sekretaris Daerah 0 comments

Pemerintah Kabupaten Semarang memuji sekaligus tertarik dengan program gotong royong yang dilaksanakan Pemerintah Kota Palembang.

Program gotong royong itu digagas Harnojoyo saat masih menjabat wali kota Palembang. Setiap pekan, gotong royong dilaksanakan secara serentak di kecamatan dan kelurahan. Semua pejabat pemerintah dilibatkan. Relawan kebersihan, dan masyarakat juga antusias mengikuti gotong royong.

Gotong royong difokuskan di sungai, anak sungai, drainase, juga permukiman. Hasilnya terlihat. Puluhan anak sungai bersih. APBD pun bisa dihemat. Setiap kali gotong royong yang dilaksanakan secara serentak, Pemkot Palembang bisa menghemat anggaran Rp 300-400 juta.

Jika gotong royong dilaksanakan empat kali dalam sepekan, miliaran dana APBD bisa dihemat lewat program merakyat ini.
 
“Ini luar biasa. Saya pikir, kalau kita bisa meniru program (gotong royong, red) tersebut, bukan tidak mungkin dana bisa kita alihkan untuk membangun infrastruktur pendukung untuk Kota Semarang,” kata Asisten 1 Bidang Pemerintahan Pemkab Semarang, Jati Trimulyanto, usai kunjungan kerja ke Pemkot Palembang, Rabu (18/4/2018).

Selain program gotong royong, kunjungan kerja Pemkab Semarang ini juga untuk mengetahui tata kelola keuangan, pendapatan asli daerah dan administrasi pemerintahan lainnya.

“Palembang sudah meraih opini WTP delapan kali berturut-turut. Kita akan contoh keberhasilan Palembang dan bagaimana mempertahankannya,” ujar Jati.

Menurut Jati, tata kelola pemerintahan Kota Palembang sudah sangat baik, bahkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) di atas target.

“Luar biasa,  kami Pemkab Semarang kagum. ,  nilai plusnya sangat banyak sekali,  terutama PADnya jauh sekali dengan kita. Termasuk administrasi dan tata tertib lainnya,” kata Jati pula.

Sekretaris Daerah Kota Palembang, Harobin Mastofa, mengatakan, kunjungan kerja Pemkab Semarang ini untuk belajar sekaligus menjadi pembanding terkait program-program Pemkot Palembang.

“Mereka ingin sharing tentang tata kelola pemerintahan,  baik itu kelola aset,  kelurahan,  RT/RW serta bagaimana RT/RW mendapat honor sedangkan mereka belum ada anggarannya,” Harobin menjelaskan.

Termasuk program gotong royong, Pemkab Semarang sangat tertarik.

“Alhamdulillah, program yang digagas oleh Pak Harnojoyo sewaktu menjabat Walikota Palembang sangat dipuji-puji oleh rombongan dari Semarang.  Mereka kagum sekaligus ingin belajar bagaimana cara kita bisa menghemat anggaran tersebut,” ujar Harobin. (*)

Comments ( 0 )
Post Comment

© 2018 BAKOHUMAS Kota Palembang