4.315 Rumah Tangga di Seberang Ulu Dapat Jargas Gratis

Friday, 06/04/2018 Sekretaris Daerah 0 comments

Pemerintah Kota Palembang menargetkan tahun ini pemasangan 4.315 jaringan gas (jargas) di kawasan Seberang Ulu rampung.

“Mulai pemasangannya Mei dan kita targetkan selesai Desember tahun ini juga,” kata Sekretaris Daerah Kota Palembang, Harobin Mastofa, seusai rapat koordinasi pemasangan jargas, di ruang rapat Setda, Kamis (5/4/2018).

Ia menyebutkan, ada empat kelurahan di empat kecamatan di Seberang Ulu yang dapat bantuan pemasangan jargas bantuan dari Direktorat Jenderal Migas Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Yakni Yakni di Kelurahan 5 Ulu, (Kecamatan Seberang Ulu I), Kelurahan 16 Ulu (Kecamatan Seberang Ulu II), Kelurahan Plaju (Kecamatan Plaju), dan Kelurahan Tuan Kentang (Kecamatan Jakabaring).   

“Mulai dari pemasangan saluran, meteran hingga muncul titik api, semuanya gratis. Kecuali biaya pemakaian per bulan,” ujar Harobin.

Ia menerangkan, warga yang mendapat bantuan ini sudah disurvei oleh Pertamina. Adapun Pemkot Palembang hanya bertugas memfasilitasi perizinan dan administrasi.

“Sasaran penerima adalah masyarakat menengah ke bawah. Untuk SP2J (PT Sarana Pembangunan Palembang Jaya, BUMD Pemkot Palembang, red) hanya operator, sebab ini bantuan Kementerian,” kata Harobin pula.

Ia menambahkan, tahun 2019 Kota Palembang akan mendapatkan lagi 7500 jargas baru. Namun, lokasinya belum ditentukan.

”Pada intinya kita ingin jargas menjangkau semua lapisan masyarakat. Sebelum ini sudah ada 3000-an jargas di kawasan Pakjo, Ilir Barat I dan sekitarnya,” ujar Harobin.

Sebelumnya, Pejabat sementara (pjs) Wali Kota Palembang, Akhmad Najib, mengatakan, pembangunan jaringan gas alam saat ini memang difokuskan di kawasan Seberang Ulu, karena di sana memang belum ada jaringan gas. Alasan lain, tingkat kemiskinan di Seberang Ulu lebih tinggi dibandingkan kawasan lain. (*)

Comments ( 0 )
Post Comment

© 2018 BAKOHUMAS Kota Palembang