Atasi Pendangkalan, Pemkot Palembang Gotong Royong di Anak Sungai Lambidaro

Sunday, 24/03/2019 Sekretaris Daerah 0 comments

BAKOHUMAS - Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang terus melakukan program gotong royong. Kali ini program tersebut dipimpin oleh Sekda Kota Palembang Harobin Mastofa.

Kegiatan tersebut digelar di anak Sungai Lambidaro, tepatnya di Jalan Kol Sulaiman Amin, Kompleks Griya Bhakti Sriwijaya, Palembang, Minggu (24/3/2019).

Dalam kegiatan tersebut, hadir pula Camat Alang Alang Lebar (AAL) Saryansyah Ismail. Ia menyampaikan tentang latarbelakang terbentuknya aliran sungai dan fungsi dari sungai tersebut.

"Anak sungai ini adalah kanal buatan yang dbuat tahun 90 an, untuk mengurangi debit air saat hujan turun," ujarnya.

Selanjutnya, ia juga menyampaikan permasalahan yang ada di anak Sungai Lambidaro ini. "Saat ini aliran sungai sudah dangkal, dari aliran anak Sungai Lambidaro sampai Sungai Irigasi banyak rumput yang tumbuh dan ada banyak sampah di aliran tersebut, sehingga air tidak mengaliri dengan lancar", ujarnya.

Selain itu, Harobin Mastafa mengatakan, pada gotong royong tersebut pihaknya mengupayakan, bantuan yang ada seperti alat berat yang telah disediakan.

"Untuk mengatasi permasalahan seperti sedimentasi tanah, rumput liar, maupun sampah bagi yang bisa kita kerjakan manual ya kita kerjakan manual, tapi jika tidak bisa manual, kami menyiapkan alat berat untuk mengatasinya," katanya.

Seterusnya, Harobin mengatakan target selanjutnya setelah dilakukannya program gotong royong yang ada. "Target kami kedepan, setelah melakukan gotong royong ini kami akan bekerjasama dengan PUPR untuk membuat dam atau penampungan air yang dapat berguna untuk masyarakat sekitar," papar Harobin.

Selanjutnya, Harobin berharap dengan adanya program gotong royong yang dilaksanakan akan membuat sadar masyarakat akan pentingnya kebersihan. "Mari kita jaga sungai ini, percuma kita sering bergotong royong jika masyarakat masih membuang sampah sembarangan," imbaunya.

Selain itu juga, Harobin mengajak seluruh masyarakat untuk berpartisipasi dalam program yang telah dibuat oleh Pemerintah Kota Palembang. "Fungsi kami keliling ini untuk mengajak masyarakat berpartisipasi dalam program yang telah kami buat, karena program seperti gotong royong dapat bermanfaat banyak bagi masyarakat," tutupnya.
(*)

Comments ( 0 )
Post Comment

© 2018 BAKOHUMAS Kota Palembang