Dinkes Palembang Kampanyekan Imunisasi MR

Thursday, 06/09/2018 SKPD 0 comments

Pemerintah Kota Palembang melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Palembang menyosialisasikan serta mengkampanyekan imunisasi Mesasles Rubella (MR).

Sosialisasi secara resmi dibuka oleh Penjabat Wali Kota Palembang, Akhmad Najib, di Hotel Santika Palembang, Kamis (6/9).

Akhmad Najib mengungkapkan, memang sempat terjadi keraguan di masyarakat atas kehalalan vaksin yang digunakan untuk imunisasi MR, tetapi sekarang sudah dibolehkan.

“Alhamdulillah, dari MUI sekarang sudah membolehkan dan sosialisasi ini akan terus dilakukan, dengan tujuan masyarakat terbebas dari virus meales dan rubella,” ujar Najib.

Dia mengatakan, target di Sumsel untuk pemberian imunisasi MR sebanyak 2,3 juta anak sedangkan di Palembang ditargetkan 400 ribu anak.

Hingga saat ini, Najib melanjutkan, dari target tersebut sudah 25 persen partisipasi masyarakat untuk ikut imunisasi MR.

“Imunisasi ini upaya kita untuk mencegah adanya virus MR, dan tadi saya lihat sudah ada anak yang cacat dan terkena dampak dari tidak imunisasi MR. Melalui sosialisasi ini diharapkan masyarakat dapat mengerti dan mengikuti imunisasi MR,” kata Najib pula.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Palembang, dr Letizia, menjelaskan, untuk Sumsel rata-rata pelaksanaan imunisasi MR sudah mencapai 37 persen. Tetapi lanjutnya, Kabupaten Lahat dan Kabupaten Banyuasin pelaksanaan imunisasi MR masih rendah.

"Termasuk Pagaralam. Tapi, alhamdulillah, semenjak sudah ada fatwa halal dari MUI Sumsel dan MUI Kota Palembang, sekarang sudah cukup tinggi lagi. Termasuk Palembang pelaksanaannya cukup lancar, baik di sekolah maupun puskesmas,” kata Letizia.

Penulis: Aldi

Penyunting: Hidayatullah

Comments ( 0 )
Post Comment

© 2018 BAKOHUMAS Kota Palembang