DPKPB Palembang Sidak APAR Hotel Berbintang

Tuesday, 14/08/2018 SKPD 0 comments

Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (DPKPB) Kota Palembang melakukan inspeksi mendadak (sidak) alat pemadam api ringan (APAR), Selasa (14/8/2018).

Sidak dilakukan di sejumlah hotel. Antara lain, Hotel Horison Ultima, Hotel Arista, Hotel Aston, Hotel Novotel, dan Hotel Aryaduta.

“Sidak ini upaya kita mengantisipasi terjadinya kebakaran. Agar tamu hotel tetap merasa nyaman dan aman,” ujar Kepala DPKPB Palembang Decki Lenggardi, yang memimpin langsung sidak itu.

Hasil sidak secara umum pihak hotel sudah menyediakan APAR dan sesuai standar. Hanya ada di satu hotel alarm yang rusak dan DPKPB meminta pihak hotel bersangkutan segera memperbaiki.

“Pemeriksaan ini rutin kita lakukan. Minimal enam bulan sekali di semua bangunan, terutama fasilitas publik. Ini untuk mengantisipasi kebakaran,” kata Decki pula.

Ia menambahkan, selain mengecek APAR, dinasnya juga mengecek ketersediaan hidran dan sprinkler. Menurut Decki, beberapa hotel yang disidak hampir memenuhi standar proteksi kebakaran yang cukup baik. Hanya saja perlu adanya perawatan dan pengetahuan untuk penggunakan alat pemadam tersebut.

"Kelengkapan alat sudah cukup baik. Selebihnya kami akan memberikan saran dan masukan serta penertiban kepada pihak hotel agar hotel lebih baik lagi. Terlebih, perhelatan Asian Games sudah di depan mata, ini adalah salah satu layanan kita untuk menyambut tamu-tamu dalam even internasional,” kata Decki pula.

Sementara itu, Manajer Engineering Horison Ultima, Sutrisno, menyambut baik sidak tersebut.

Ia menyebutkan, di hotelnya total ada 62 APAR dan 8 unit APAR ukuran besar dan 62 hidran.

“Kita juga menyediakan 20 petugas operasional. Kami akan memperbaiki apa yang menjadi evaluasi dari pihak PBK dan terima kasih juga sudah mengingatkan demi pelayanan terbaik untuk tamu ke depan,” ujar Sutrisno. (*)

 

 

Comments ( 0 )
Post Comment

© 2018 BAKOHUMAS Kota Palembang