Integrasi LRT Mendesak, Pemkot Palembang Diminta Siapkan Park and Ride

Tuesday, 05/03/2019 Lain-lain 0 comments

BAKOHUMAS - Integrasi Light Rail Transit (LRT) sudah mendesak, pasalnya upaya menjadikan transportasi massal ini primadona diharapkan dapat menyediakan fasilitas yang menunjang.

Hal ini diungkapkan Direktur Angkutan Jalan Kementrian Perhubungan (Kemenhub), Ahmad Yani usai Rapat integrasi terkait LRT Palembang, di Kantor Balai Pengelola Transportasi Darat wilayah 7 Provinsi Sumsel-Babel Jalan Gubernur H Asnawi Mangku Alam (Bandara SMB II), Selasa (5/3/2019).

"Rapat ini menindaklanjuti keinginan Menteri Perhubungan (Menhub) agar dapat mempercepat integrasi LRT, seperti Transmusi, Damri maupun angkutan sungai. Kita juga meminta Pemkot menyediakan sarana dan prasarana, baik trotoar, dermaga sebagai transpoortasi antar moda sungai," ujarnya, usai rapat.

Yani menambahkan, diharapkan di setiap stasiun ada park and ride atau kantong parkir, kemudian celukan khusus bus Transmusi.

"Karena sekarang Transmusi masih berhenti dan memakan badan jalan. Kalau ada tempat khusus berhenti, maka tidak akan mengganggu lalulintas kendaraan. Kita sudah berkoordinasi dengan Balai Besar Jalan untuk membangunnya," katanya.

Begitu pula lanjutnya, di dermaga yang terintegrasi dengan moda transportasi sungai. "Jembatan Ampera adalah icon, jadi sangat tepat," ucapnya.

Ditanya mengenai tarif, Yani menjelaskan untuk tarif sudah disepakati untuk Transmusi Rp7.000 sedangkan Damri Rp12.000 sebagai tiket terusan.

"Bila perlu sistem integrasi tiketing juga menggunakan sistem non tunai. Menggandeng mitra khusus tiketing, sekarang masih digodok. Saya rasa kalau ini semua sudah terealisasi LRT akan menjadi pilihan satu-satunya transportasi massal yang murah, cepat dan aman," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah VII, Mangasi Sinaga menambahkan, kalau ingin meningkatkan deman LRT harus ada tiga paketnya dianataranya menyediakan public transport, fasilitas pejalan kaki, seperti sepeda dan manajemen.

"Pertumbuhan kendaraan setiap tahun meningkat, makanya kalau sudah manajemen transportasi massal ini matang saya rasa LRT menjadi primadona penumpang," tukasnya.
(*)

Comments ( 0 )
Post Comment

© 2018 BAKOHUMAS Kota Palembang