Kampung Wisata Talang Bubuk Palembang Sukses Raih Sejumlah Penghargaan

Thursday, 07/02/2019 Lain-lain 2 comments

BAKOHUMAS - Salah satu kampung wisata unik di Kota Palembang, terletak di Jalan Kapten Abdullah, Lr. Mari, Kelurahan Talang Bubuk, Kecamatan Plaju.

Kampung yang dulunya kumuh ini di sulap oleh warga menjadi kampung yang unik dan menjadi salah satu destinasi wisata di Kota Palembang.

Menurut Ketua RT 02 Chairul Bakhri, kampung hias ini dikonsep dengan empat hiasan berupa Kampung Warna-Warni, Kampung 3D, Kampung Hijau, dan Kampung Mini Pendestrian.

"Setelah empat konsep tersebut kami akan menambah beberapa konsep seperti Kampung CCTV dan Kampung Aquarium," ujarnya, Rabu (6/2), kemarin.

Buah kerja keras warga itu pun berbuah hasil, wisata kampung hias ini, sukses meraih beberapa kali juara diantaranya Juara II Lomba PHBS tingkat kota , Juara II Lomba Kampung Hias Asian Games , Juara III Lomba Kampung Hias Mi Duo Indosiar.

Selain itu, kampung yang mayoritas warganya berprofesi sebagai pengusaha "Kemplang Tunu" (kerupuk panggang khas Sumatra Selatan) ini akan terus menambah fasilitas menggunakan bantuan pemerintah dan bahan bekas yang ada.

"Kami membentuk Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM), lewat KSM ini kami akan meningkatkan fasilitas, dan kami akan berupaya untuk terus melestarikan kampung hias yang sudah kami bangun ini," imbuh Chairul.

Sementara itu ditemui terpisah, Lurah Talang Bubuk Susanto Umar mengatakan, akan terus melestarikan wisata ini, dan akan memberikan sosialisasi terhadap warga untuk melestarikan kampung hias.

Sebelumnya, sudah ada turis yang datang seperti dari Tangerang dan Turki, untuk melihat kampung hias ini.

"Pelatihan akan terus diupayakan untuk UMKM warga, dan kami akan memberikan edukasi, dan sosialisasi terhadap warga untuk menyambut wisatawan yang akan datang," ujarnya.

Camat Plaju Zanariah menambahkan, sangat mendukung kampung hias yang ada dan ia berharap masyarakat dapat memelihara aset wisata yang sudah terbangun tersebut.

"Kami juga terus berupaya untuk meningkatkan fasilitas yang ada di Kampung Hias Lorong Mari tersebut", ringkasnya.
(*)

Comments ( 2 )
  1. User Avatar
    aleronebaarov - mokimo@obowi.jonjamail.com Post author

    http://slkjfdf.net/ - Esoqej Ruponoyid vhr.titx.bakohumas.palembang.go.id.koa.hc http://slkjfdf.net/

  2. User Avatar
    ogaladiwew - uuwurakar@obowi.jonjamail.com Post author

    http://slkjfdf.net/ - Tigijo Bunabejku ckg.abwz.bakohumas.palembang.go.id.dqo.mc http://slkjfdf.net/

Post Comment

© 2018 BAKOHUMAS Kota Palembang