Kawasan Baru Kota Jakabaring Tahap Finalisasi Penyusunan RDTR

Tuesday, 10/12/2019 Lain-lain 0 comments

Dalam rangka percepatan pembangunan Kawasan Kota Baru Jakabaring Palembang, Kementerian Agraria dan Tata Ruang Badan Pertahanan Nasional melakukan finalisasi penyusunan materi teknis Rencana Detail Tata Ruang (RDTR), di Hotel Beston, Palembang, Selasa (10/12).

"Hasil akhirnya akan dibahas nanti. Saat ini kita masih membahas mengenai penataan letak batas wilayah. Yang kita tahu, Jakabaring adalah kawasan olahraga, dan ini akan menjadi kawasan yang berkembang," kata Kepala Sub Dit Penataan Kawasan Perkotaan, Win Elas Yekti.

Dengan metode pemetaan partisipatif, yakni pemetaan yang menempatkan masyarakat sebagai pemetaan wilayahnya, sekaligus juga akan menjadi penentu perencanaan pengembangan wilayah sendiri.

"Kami harapkan hal-hal apa yang perlu dikoreksi dan dikaji. Karena nanti hasil dari ini akan ada draf fakta analisis,” ujar Win Elas.

Wali Kota Palembang Harnojoyo, yang diwakili oleh Asisten III Setda Kota Palembang, Agus Kelana, menambahkan, saat ini baru ada 57 kabupaten/kota di Indonesia yang memiliki RDTR. Tanpa ada RDTR pemerintah tidak mengetahui penggunaan spesifik lahan tertentu dan kebijakan tata ruang yang dapat jadi patokan.

"Jangan sampai kawasan Jakabring ini tidak sesuai dengan yang direalisasikan. Bagaimana kawasan Jakabaring ini ditata dengan baik, sehingga menjadi kawasan yang berkembang,” kata Agus. (*)

Comments ( 0 )
Post Comment

© 2018 BAKOHUMAS Kota Palembang