Komunitas Peduli Sungai dan Banjir Diharap Bisa Beri Solusi

Thursday, 05/12/2019 Sekretaris Daerah 2 comments

BAKOHUMAS - Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Palembang menggelar sarasehan bersama komunitas peduli sungai dan peduli banjir, di Ruang Parameswara Kota Palembang, Kamis (5/12/2019).

Kegiatan tersebut bertujuan memberikan edukasi kepada komunitas, bagaimana menanggulangi genangan air saat musim hujan. "Kita ingin menciptakan Palembang yang lebih baik lagi. Dengan adanya komunitas ini, mereka bisa memberikan solusi terhadap banjir ataupun memberikan edukasi kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan," kata Kepala Dinas PUPR Kota Palembang, Ahmad Bastari disela sarasehan.

Dikatakannya juga, saat ini pihaknya tengah memperbaiki drainase dibeberapa titik yang menjadi rawan banjir. "Saat ini masih dalam pengerjaan drainasenya. Kita berharap yang menjadi rawan banjir akan segera teratasi," tuturnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palembang, Ratu Dewa menambahkan, baginya forum sarasehan bersama komunitas ini ada dua hal, pertama forum ini diharapkan bisa melahirkan konsep yang konkret dengan kondisi fisik, terhadap kesumbatan sungai.
Kedua, forum ini diharapkan memberi satu solusi, terhadap penanganan satu lingkungan, tetap berdasarkan satu aspirasi.

"Ini adalah sebuah forum yang peduli dengan banjir, jangan sampai kegiatan ini hanya formalistik saja, tetapi ada subtansi penting. Isinya apa saja, ya harus ada data terhadap sungai dan anak sungai, bagaimana juga bisa mengatasi kesumbatan secara spesifik," terangnya.

Ia juga mengatakan, bahwa forum ini menjadi bahan evaluasi dan mencari solusi. Lanjut Dewa, pemkot memang sering adakan gotong royong, akan tetapi bukan sebatas gotong royong sesaat, tetapi ada program jangka panjang. "Maka dari itu forum ini menjadi garda kedepan, untuk mensosialisasikan semua kebijakan itu," ujarnya.

Untuk mengantisipasi musim hujan, Dewa mengatakan pihak PUPR telah melakukan pemetaan terhadap genangan air. "Nanti ada titik-titik tertentu yang akan segera diperbaiki, seperti drainase, kesumbatan air. Sudah ada antisipasi awal sedini mungkin yang dilakukan PUPR," tukasnya.
(*)

Comments ( 2 )
  1. User Avatar
    ovurexakonam - ucenemadi@egiuz.fodiscomail.com Post author

    Eposaaoe Ifelfay lqo.huwb.bakohumas.palembang.go.id.tzt.ju http://slkjfdf.net/

  2. User Avatar
    uyanuhiw - tepogureq@egiuz.fodiscomail.com Post author

    Apeucove Mezama zem.svfj.bakohumas.palembang.go.id.ruw.qq http://slkjfdf.net/

Post Comment

© 2018 BAKOHUMAS Kota Palembang