KPI Sosialisasikan Literasi Media Kepada Masyarakat

Friday, 22/02/2019 Lain-lain 0 comments

BAKOHUMAS - Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) melakukan sosialisasi terhadap literasi media dari masyarakat untuk bangsa.

Kegiatan ini dipusatkan di Jl. Kapten A. Anwar Arsyad No.22, Demang Lebar Daun, Ilir Barat I, tepatnya di Grand Atyasa Convention Center Palembang, Jumat (22/2/2019).

Forum literasi media ini dihadiri oleh Komisi I DPR RI Bobby Adhityo Rizaldi. Dalam sambutannya Bobby mengatakan penyiaran dapat membuat persepsi pada masyarakat dan menggiring opini pada publik.

"Penyiaran sangat penting karena penyiaran dapat membentuk budaya baru dan membentuk persepsi baru pada masyarakat," ujarnya, Jum'at (22/2/2019).

Selanjutnya, Bobby mengatakan pihaknya akan berupaya untuk membuat industri penyiaran dapat bermanfaat bagi masyarakat.

Ketua KPI Pusat Yuliandre Darwis mengatakan, KPI berupaya mengawasi penyiaran untuk menciptakan tayangan yang berkualitas dan konten penyiaran tepat pada sasaran. "Media mainstream dinyatakan media yang tidak memberitakan berita hoax. Kami sangat serius mengawasi konten-konten hoax terkhusus juga dengan pemilu nanti, kami mengharapkan media dapat mengedukasi masyarakat," tegasnya.

Komisioner KPI Pusat Ubaidillah menjelaskan, fungsi lembaga penyiaran sebagai sarana informasi, kontrol dan perekat sosial, hiburan yang sehat, edukasi bagi masyarakat, dan sarana kebudayaan dan ekonomi.

"Kami tetap akan menjalankan fungsi kami sebagai lembaga penyiaran dan kami akan berupaya menciptakan penyiaran yang berkualitas", katanya.

Sementara itu akademisi UIN Raden Fatah Palembang, Dr. Yenrizal menjelaskan, KPI sudah melaksanakan tugas dan kewajibannya, tapi tidak semua penyiaran dapat di kontrol oleh pihak KPI.

"Semua media saling berkaitan, namun wewenang KPI hanya pada tv dan radio," tukasnya.
(*)

Comments ( 0 )
Post Comment

© 2018 BAKOHUMAS Kota Palembang