Melalui Seminar Nasional, KAHMI Sosialisasikan Bahaya Rokok Bagi Generasi Era 4.0

Saturday, 16/02/2019 Lain-lain 0 comments

BAKOHUMAS - Dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) KAHMI dan HMI yang ke 72 tahun, pihaknya mengadakan berbagai kegiatan salah satunya, yaitu Seminar Kesehatan Nasional 2019 yang bertemakan "Rokok dan Masa Depan Generasi Muda Pada Era 4.0", di Griya Agung Palembang, Sabtu (17/2/2019).

Kegiatan ini bertujuan untuk mensosialisasikan dampak bahaya rokok. Apa lagi saat ini perokok cenderung kepada anak muda, khususnya pelajar dan mahasiswa.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel, dr Hj Letizia, M. Kes yang diwakili oleh dr Asep Zainuddin Sp. PK, RSTP, saat ini Indonesia menduduki urutan 4 dalam Penyakit Paru Obstruktif Kronis (PPOK) hal ini berdasarkan data dunia.

"Data menunjukkan hampir 90 juta penduduk Indonesia adalah perokok dan 88% diantaranya mulai merokok di bawah usia 13 tahun," ujarnya saat memberikan sambutan pada acara Seminar Kesehatan Nasional 2019.

Ia mengatakan, saat ini remaja harus memanfaatkan Era Industri 4.0, "Dimana kita harus memanfaatkan era ini, tentang bahaya rokok. Efek rokok tidak hanya aspek kesehatan tentunya juga bahaya bagi aspek sosial," jelasnya lagi.

Sementara itu, Ketua Umum DPW Korps Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Sumsel, Joncik Muhammad menambahkan, melalui seminar ini pihaknya ingin memberikan tauladan tentang hidup sehat tanpa merokok kepada generasi muda

"Kita ingin memberi tauladan kepada generasi muda, bahwa disamping hidup cerdas mereka harus hidup sehat," kata Joncik yang juga menjabat Bupati Empatlawang ini.

Ia juga mengatakan kepada para peserta seminar, untuk tidak mencoba rokok. Pasalnya dampak bahaya rokok sangat besar dan juga rokok sebagai pemicu berbagai penyakit.

"Rokok diyakini sebagai salah satu pemicu berbagai penyakit mematikan, seperti kanker paru-paru, kanker mulut, jantung koroner serta beberapa penyakit lainnya. Maka dari itu melalui seminar ini kita harapkan untuk mulai berhenti merokok," tegasnya lagi.

Seminar ini diikuti pelajar, mahasiswa dan umum. Adapun pembicara seminar ini mengahdirkan Ketua PB IDI periode 2018-2021 Dr Daeng M Faqih, SH MH, Praktik Kesehatan dr H Hakim Sorimuda Pohan, Sp. Og. Pembicara selanjutnya adalah Fuad Baradja anggota Komnas Pengendalian Tembakau.
(*)

Comments ( 0 )
Post Comment

© 2018 BAKOHUMAS Kota Palembang