Ombudsman RI Ajak Tingkatkan Layanan Publik

Monday, 19/11/2018 Sekretaris Daerah 0 comments

Upaya meningkatkan pelayanan publik, Ombudsman mengajak seluruh instansi dan lembaga untuk berkomitmen dengan melakukan penandatanganan kesepakatan bersama pelayanan publik, Minggu (18/11) di Kambang Iwak Palembang.

Pekan layanan publik 2018 ombudsman RI Perwakilan Sumsel, ini dibuka langsung oleh Ketua Ombudsman RI, Amzulian Rivai. Rangkaian kegiatan diisi dengan penandatanganan kesepakatan bersama pelayanan publik, Senam Sehat, Lomba Standup Comedy, Lomba menggambarkan dan stand layanan publik.

Dalam sambutannya, Amzulian menyampaikan agar masyarakat tidak sungkan untuk melaporkan apa yang menjadi keluhan dalam pelayanan publik, baik kesehatan, pendidikan dan layanan publik lainnya.

“Tugas kita ada tiga, yakni menindaklanjuti laporan, kemudian menginvestigasi atas prakarsa sendiri dan memberikan penilaian setiap tahun baik kementrian maupun lembaga,” ujar Amzulian.

Tak hanya itu, pria asli wong Palembang ini juga menyoroti terkait pelaksaan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) terhadap rendahnya pesesta yang lolos pada seleksi CPNS yang digelar sejumlah pemerintahan pusat dan daerah.  

"Sebetulnya tidak logis dari sekian banyak peserta seleksi CPNS yang lolos hanya 8 persen, bahkan ada daerah tidak lolos sama sekali.”

Amzulian mengatakan, pihaknya mengapresiasi usaha pemerintah untuk merekrut CPNS yang berkualitas. Namun hal tersebut juga dipertimbangkan dengan kondisi yang ada supaya kemampuan SDM di lapangan dengan standar yang dipatok tidak terlalu jomplang.

“Kondisi di setiap daerah berbeda. Belum meratanya pendidikan yang berkualitas, sehingga standarnya juga seharusnya jangan disamakan,” katanya.  

Menurut dia, mayoritas aduan dari warga pada seleksi CPNS adalah banyaknya warga tak bisa ikut karena data sehingga gagal di administrasi. Ada juga peserta yang merasa lengkap berkasnya tapi tak lolos. Karena itu, Ombudsman akan melakukan klarifikasi dari laporan yang masuk.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palembang, Harobin Mastofa, mengatakan, untuk pelayanan publik, Palembang sudah berjalan dan bahkan meraih penghargaan.

“Alhamdulillah, penyelenggaraan pelayanan publik di Palembang sudah sangat baik. Tapi, kita tidak boleh cepat puas dan terus meningkatkan pelayanan lebih baik lagi. Apalagi dengan adanya aplikasi Hallo Palembang yang berfungsi memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk menyampaikan keluhan di bidang apapun,” ujar Harobin. (*)


Comments ( 0 )
Post Comment

© 2018 BAKOHUMAS Kota Palembang