Palembang Akan Siapkan Lahan Pemakaman Khusus Untuk Korban Covid-19

Thursday, 02/04/2020 Walikota Palembang 0 comments

Pemerintah Kota Palembang bencana menyediakan lahan pemakaman khusus untuk jenazah korban Covid-19. 

"Lokasinya di Gandus, lahan seluas 2 hektare," kata Wali Kota Palembang H Harnojoyo, di rumah dinasnya, Kamis (2/4/2020). 

Harnojoyo tak menampik rencana ini mengantisipasi jika ada penolakan pemakaman jenazah Covid-19, seperti yang terjadi di sejumlah daerah yang terpapar pandemi mematikan ini. 

"Kita tahu bagaimana dampak virus Corona bagi orang yang telah meninggal akibat virus tersebut. Maka antisipasinya kita sudah menyediakan daerah Gandus untuk dijadikan pemakaman. Jangan sampai ini memberikan keresahan di masyarakat," ujarnya Harnojoyo. 

Menurutnya, persiapan lahan pemakaman tersebut juga menjadi bentuk edukasi kepada masyarakat, bahwa sebenarnya jenazah positif corona yang telah dimakamkan tidak mempengaruhi kelangsungan hidup warga sekitar.

"Jadi kita juga harus memahami kalau jenazah positif corona yang telah dikubur tak menimbulkan dampak. Maksudnya, kalau jenazah ini sudah dikubur tidak berpengaruh ke kawasan sekeliling. Karena sudah hilang istilahnya, asal saat proses mengubur mayat menerapkan SOP sesuai standar corona," demikian Harnojoyo. (*)

Comments ( 0 )
Post Comment

© 2018 BAKOHUMAS Kota Palembang