Palembang Gelar Rakor Dewan Smart City

Monday, 18/11/2019 Sekretaris Daerah 0 comments

Pemerintah Kota Palembang menggelar rapat koordinasi dewan smart city, di Ruang Parameswara Setda Palembang, Senin (18/11).

Rapat dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah Kota Palembang Ratu Dewa, didampingi Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Yanurpan Yany, dan Kepala Bappeda Litbang Harrey Hadi. Rapat dihadiri perwakilan Organisasi Perangkat Daerah di lingkungan Pemkot Palembang.

Kadin Kominfo, Yanurpan Yany, menyampaikan, Rakor ini untuk menuju 100 smart city di Indonesia, yang akan dipilih pemerintah pusat. Kelak, 100 smart city akan dijadikan sebagai role model untuk melaksanakan smart city tahun berikutnya. 

"Salah satu persyaratan untuk mewujudkan smart city yakni harus punya Dewan Smart City. Tugasnya memberikan arahan, dukungan, serta persetujuan dalam melaksanakan program smart city," kata Yanurpan. 

Ia menyebutkan, untuk mewujudkan smart city, Palembang menargetkan tahun ini masuk kategori baik. 

Dari penilaian sebelumnya, ujar Yanurpan, ada yg 37 rekomendasi perbaikan untuk masuk kategori baik. 

"Sebelum dilakukan penilaian oleh Kemenpan RB, akan dilakukan penilaian mandiri. Salah satu poin penilaiannya adalah smart governance, di mana tiap-tiap OPD memiliki peranan masing-masing dalam mewujudkan smart city," Yanurpan menerangkan. 

Sekretaris Daerah Kota Palembang, Ratu Dewa, mengatakan, komponen untuk mewujudkan smart city, antara lain, digitalisasi, pelayanan publik mesti tersambung secara online, dan harus ada big data Kota Palembang. 

"Saya imbau OPD agar bersama-sama mewujudkan program smart city ini. Saling berkoordinasi," kata Sekda Ratu Dewa. (*) 

 

 

Comments ( 0 )
Post Comment

© 2018 BAKOHUMAS Kota Palembang