PD Pasar Minta Pedagang Existing Gabung di Cinde

Friday, 20/04/2018 Lain-lain 0 comments

Perusahaan Daerah (PD) Pasar Palembang Jaya meminta agar pedagang lama (existing) diprioritaskan menempati Pasar Cinde.

Pasar Cinde sekarang lagi direvitalisasi, dan berganti menjadi pasar Modern Aldiron Plaza Cinde.

Selain pusat perbelanjaan, pasar yang dibangun dengan sistem BOT ini dilengkapi apartemen tiga lantai, life style mall, trade center hingga fasilitas water park.

Di sana juga, nantinya akan dijadikan sebagai lokasi pusat perdagangan songket dan batik khas Palembang. Kemudian akan disediakan galeri mini yang menampilkan sejarah Pasar Cinde. Ditambah lagi Pasar Cinde akan terkoneksi langsung dengan Light Rail Transit (LRT).

Saat ini pembangunan pasar terus dikebut. Hanya saja, belum ada penunjukan manajamen untuk pengelolaan pasar.

“Yang pasti, Pemkot Palembang tetap mengelola pasar,” ujar Kepala PD Pasar Palembang Jaya, Asnawi Ratu, kepada wartawan, usai mengikuti rapat koordinasi tentang kontribusi BOT Pasar Cinde untuk Pemkot Palembang, Kamis (19/4/2018) di ruang rapat II Setda Palembang.

Selain itu, yang perlu diprioritaskan adalah pedagang lama di pasar. Saat ini, total ada 835 pedagang.

“Ya kalau pedagang pasar tradisional, pastinya losnya dibawah.  Kita minta diprioritaskan,” kata Asnawi.

Ia juga meminta agar kompensasi yang didapat PD Pasar Palembang Jaya untuk meningkatkan Pedapatan Asli Daerah (PAD) juga harus dibagi dengan tepat.

“Karena pengelola tetap PD Pasar,  hanya saja manajemen kita tergabung dengan pihak ketiga. Nanti ada rapat lanjutan untuk membahas lebih lanjut kompensasi yang didapat Pemkot Palembang,” ujar Asnawi.

Ia menerangkan, dengan sistem ini, artinya kepala pasar Cinde dibubarkan sementara oleh pihak ketiga. Namun tetap tidak menghilangkan organisasi PD Pasar, karena otomatis akan berpengaruh pada PAD.

“Harapan kita, pembaharuan pasar ini untuk mendorong pertumbuhan ekonomi,  meningkatkan PAD juga  Jangan justru sasaran pembangunan pasar ini hanya untuk pedagang pasar modern saja,” kata Asnawi. (*)





Comments ( 0 )
Post Comment

© 2018 BAKOHUMAS Kota Palembang