PDAM Tirta Musi Akan Tambah Pompa di Booster Sako

Monday, 30/04/2018 Lain-lain 0 comments

PDAM Tirta Musi Palembang akan menambah pompa pengairan dari intake di kawasan 3 Ilir, booster Sako.

“Ini untuk meningkatkan pengairan di kawasan unit Sako jadi 24 jam,” ujar Penjabat sementara (Pjs) Manajer PDAM Tirta Musi Unit Sako, Eko Saputra, Senin (30/4/208).

Ia menyebutkan, saat ini di intake 3 Ilir baru ada satu pompa, sehingga tidak memungkinkan air mengalir non stop, terutama di unit Sako, walaupun sudah dibantu dengan intake di Km 4. Nyatanya pengaliran air masih kategori minus.

“Rata-rata memang hanya hidup 4-5 jam dalam sehari. Tapi, setiap harinya pasti hidup. memang secara bergiliran di setiap kawasan,” ujar Eko.

Ia menyebutkan, dengan adanya penambahan pompa, kendati belum bisa menambah pelanggan dalam jumlah besar, setidaknya pelanggan yang ada saat ini bisa dilayani secara maksimal.

"Kita juga terus mengupayakan optimalisasi untuk intake Borang, untuk menambah pelayanan masyarakat,” kata Eko pula.

Eko menyebut, sejauh ini, sudah ada 2500 pelanggan baru yang masuk daftar tunggu. Namun, belum bisa dilakukan pemasangan baru, terlebih di kawasan ujung karena kategori air yang masih minus.

“Tetap melakukan penambahan, namun tidak banyak. Dalam satu bulan, kita hanya melakukan 50 pemasangan baru, itupun masih melihat lokasinya, tidak bisa sembarangan.”

Ia berharap upaya PDAM menambah pelayanan ini diikuti dengan ketaatan pelanggan membayar retribusi air secara penuh.

Dari sekitar 28.500 pelanggan yang berada di dalam PDAM Tirta Musi Unit Sako, kata Eko, 15 persen di antaranya masih menunggak.

Karena itu, terpaksa dilakukan pemutusan terpadu. Yakni di Jalan Pangeran Ayin, Komplek BSD, Perum Griya Sako Permai, dan sekitarnya. Setidaknya, 54 pelanggan disegel meteran airnya.

“Yang menunggak langsung disegel,” Eko menyebutkan, seraya menambahkan, jumlah tunggakan para pelanggan ini tidak terlalau besar dan umumnya penyegelan dilakukan di banyak rumah kosong.

Eko menjelaskan, bagi para pelanggan yang meterannya disegel, diperintahkan untuk melakukan pembayaran di kantor PDAM Tirta Musi. Namun, karena meterannya telah disegel, para pelanggan nantinya akan dikenakan biaya buka segel sebesar Rp 75 ribu.

“Tapi, kalau mereka tetap tidak melakukan pembayaran, maka akan dilepas meterannya.” (*)


Comments ( 0 )
Post Comment

© 2018 BAKOHUMAS Kota Palembang