Pemkot Palembang Anggarkan Rp 56 Miliar Gaji ke-13

Wednesday, 04/07/2018 SKPD 0 comments

Kabar gembira bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota Palembang. Dalam waktu dekat, gaji ke-13 bakal cair.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Palembang, Hoyin Rizmu, Selasa (3/7/2018), mengatakan, pihaknya sudah menganggarkan dana senilai Rp 56 miliar untuk 13 ribu ASN atau PNS Pemkot Palembang.

“Segera dibayarkan. Secepatnya dalam pekan ini,” ujar Hoyin.

Ia menyebutkan, pencairan gaji ke-13 ini diprioritas untuk pembiayaan pendidikan anak yang biasanya jadwalnya dicairkan pada bulan Juli, sama seperti tahun sebelumnya.

“Sekarang memang belum dibayarkan, tapi sedang diproses. Targetnya tanggal 5 hingga 10 Juli pembayaran telah rampung. Cara pembayarannya sama dengan gaji, langsung ke rekening pegawai,” Hoyin menerangkan.

Selain gaji ke-13, Pemkot juga mulai membayarkan Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP), dengan total anggaran Rp 14 miliar.

Pencairan TPP sesuai dengan kapan pengajuan dari OPD tersebut. Sebelum pencairan, setiap OPD harus mengajukan Surat Permintaan Pembayaran (SPP) dan Surat Perintah Membayar (SPM) ke BPKAD Kota Palembang.

“Kemudian, setelah itu, sekitar waktu tiga hari kami mengeluarkan Surat Perintah Pencairan Dana Secara Langsung (SP2D SL). Setelah surat itu kami keluarkan, maka setiap OPD bisa langsung ke bank untuk mencairkan uang TPP yang ditransfer ke rekening PNS,” jelas Hoyin.

Menurutnya, saat ini beberapa OPD sudah ada yang dibayarkan meski belum seluruhnya. "Siapa yang lebih cepat mengajukan, itu yang lebih cepat dibayarkan. OPD itu sendiri yang mengajukan, baru pemkot bayarkan.”

Ditemui secara terpisah, Sekretaris Daerah Kota Palembang, Harobin Mastofa, mengatakan, pihaknya sudah menganggarkan pencairan gaji ke-13 dan TPP bulan Juli.

“Sudah dianggarkan semua, TPP sesuai dengan pengajuan dari OPD. Gaji ke-13 sudah ada aturannya dari pusat dan memang belum dibayarkan karena sedang diproses,” kata Harobin.

Harobin mengatakan, pegawai di Pemkot Palembang patut bersyukur sebab TPP tetap dipertahankan. Bahkan, sebelumnya, wali kota pun pernah menegaskan, jika keuangan daerah terus membaik, maka kesejahteraan pegawai pun akan ditingkatkan.

“TPP yang dikeluarkan setiap bulannya ini memang sudah resmi. TPP ini diberikan agar kinerja PNS lebih baik lagi.” (*)

Comments ( 0 )
Post Comment

© 2018 BAKOHUMAS Kota Palembang