Pemkot Palembang Beri Pendidikan Politik Pemilih Pemula

Thursday, 14/02/2019 Sekretaris Daerah 0 comments

BAKOHUMAS - Sebanyak 200 pelajar dan mahasiswa mengikuti penyuluhan pendidikan politik bagi pemilih pemula 2019. Hal ini bertujuan memberikan edukasi politik bagi pemilih pemula, mengingat sifat mereka (pelajar) masih apatis, sehingga mudah menjadi target dalam politik.

Kegiatan sosialisasi melalui penyuluhan pendidikan politik bagi pemilih pemula ini mengambil tema "Mari Kita Jaga Kondusivitas Politik Kota Palembang Agar Terwujud Partisipasi Aktif Masyarakat dalam Setiap Proses Politik Menuju Pileg dan Pilpres tahun 2019, Serta Sukseskan Palembang Emas Darussalam".

Sosialisasi ini sendiri dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palembang, Harobin Mastofa. Dikatakannya, salah satu tolak ukur suksesnya pemilu adalah partisipasi pemilih, salah satu diantaranya adalah pemilih pemula. Dengan merujuk UU No. 7/ 2017 tentang pemilu memberikan jaminan bagi pemilih pemula, untuk menggunakan hak pilihnya, pada pelaksanaan Pemilu Serentak 2019, yang akan digelar pada 17 April 2019 mendatang.

"Salah satu yang menentukan suskes pemilu yaitu partispasi masyarakat. Di Palembang baru 71% pemilih pemula, sedangkan nasional diatas 77%," katanya usai membuka penyuluhan pendidikan politik, di Grand Atyasa Convention Center, Palembang, Kamis (14/2/2019).

Oleh karena itu ditambahkan Harobin, para pemilih pemula ini sekarang punya kesempatan untuk berpartisipasi, jangan sesekali menjadi golput dan manfaatkan kesempatan untuk memilih, 17 April nanti pemilu serentak. Pemilih akan mendapatkan masing-masing lima surat suara saat di TPS nantinya.

"Artinya para pemilih pemula cukup menentukan dan menyukseskan pembangunan Indonesia melalui pemilihan ini," jelasnya lagi.

Sementara itu, Kepala Kesbangpol Kota Palembang, Altur Febriansyah menambahkan, tujuan acara ini adalah, untuk memberikan pedoman guna meningkatkan kesadaran politik bagi kalangan pemilih pemula.

Lanjutnya, pihaknya juga akan melakukan sosialisasi pada pemilih umum lainnya, dengan sasaran yang berbeda, serta juga ada kegiatan dalam meningkatkan peran serta partai politik di dalamnya. "Jadi intinya ada dua, pertama meningkatkan dalam penggunaan hak politik, kedua kita jaga Kota Palembang kondusif, karena Palembang zero konflik," ujarnya pula.

Diakuinya, jumlah pemilih pemula cukup besar dan berkontribusi signifikan bagi kemenangan Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden pada Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) maupun Pemilihan Anggota DPR, DPD dan DPRD atau Pemilu Legislatif (Pileg).

"Jadi sementara ini sifatnya masih data pemilu sementara. Dan data yang kami terima ada sekitar 1.000.726 termasuk seluruh pemilih pemula untuk Kota palembang," tambahnya.

Dirinya berharap, melalui sosialisasi ini para pemilih pemula dapat menyampaikan kepada teman lainnya untuk berpartisipasi dalam Pilpres dan Pileg nanti. "Kita harapkan melalui sosialisasi ini akan mereka sampaikan kepada teman lainnya, jangan sampai mereka termasuk golput," tutupnya.
(*)

Comments ( 0 )
Post Comment

© 2018 BAKOHUMAS Kota Palembang