Pemkot Palembang Siagakan Petugas Kesehatan untuk Panitia Pemilu

Wednesday, 24/04/2019 Sekretaris Daerah 0 comments

 

Pemkot Palembang mengintruksikan Dinas Kesehatan Kota Palembang memberikan pelayanan terhadap panitia pemungutan suara.

Hal ini menyikapi maraknya panita pemungutan suara pada Pemilu serentak 2019 yang mengalami gangguan kesehatan. Mulai dari kelelahan, pingsan, bahkan ada yang meninggal dunia.

Para panitia itu, mulai dari Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

Pemilu 2019 yang memilih anggota legislatif (DPR RI, DPD, DPRD kabupaten, DPRD kota) dan memilih presiden dan wapres, membuat petugas KPPS, PPS dan PPK kewalahan.

Banyak tugas yang harus mereka selesaikan. Antara lain formulir yang harus diselesaikan secara manual (tulis tangan). Bahkan, hingga saat ini para petugas pemilu itu terus bekerja menyelesaikan rekapitulasi suara di tingkat kecamatan, siang hingga malam bahkan sampai 24 jam. 

Kerja sepanjang hari inilah yang menyebabkan banyak petugas yang jatuh sakit hingga meninggal dunia.

"Setelah kita lihat perkembangan secara nasional, ada anggota KPPS, PPS, dan PPK yang jatuh sakit, kecelakaan, hingga meninggal dunia yang diduga diakibatkan karena kelelahan. Karena itu, kita instruksikan Dinas Kesehatan untuk membuat surat edaran ke seluruh Puskesmas agar dapat memberikan pelayanan kepada para anggota PPK yang tengah bertugas,” kata Sekretaris Daerah Kota Palembang, Ratu Dewa, saat meninjau kesiapan para petugas kesehatan melayani PPK Kecamatan Sukarami, Rabu (24/4/2019).

Dari hasil pengecekan, Dewa mengatakan sudah cukup baik. 

“Alhamdulillah, sejak kita instruksikan, petugas sudah stand by sejak pagi. Peralatan juga lengkap, obat-obatan serta mobil ambulans.”

Dewa mengatakan, petugas kesehatan untuk anggota PPK saat ini baru tersedia di tujuh kecamatan diantaranya Kalidoni, Sukarame, Kemuning. 

"Besok kita pastikan semua di kecamatan ada petugas pelayanan kesehatan, 24 jam sampai selesai rekapitulasi surat suara," ujarnya.

Setelah dari PPK, kata Dewa, petugas kesehatan akan disiagakan ke KPU Palembang 

“Di KPU Kota Palembang kita juga akan stand by kan petugas kesehatan dan dua mobil ambulans,” kata Dewa. 

Selain meninjau proses rekapitulasi suara Pemilu 2019 di Kecamatan Sukarami, Sekda Ratu Dewa juga melakukan sidak ke Kantor Lurah Sukajaya, Kecamatan Sukarame, serta meninjau Kantor UPTD Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) Dinas Perhubungan Kota Palembang. (*) 

 

 

Comments ( 0 )
Post Comment

© 2018 BAKOHUMAS Kota Palembang