Pemkot Palembang Tawarkan Kerjasama Pengelolaan Embung ke Amerika

Thursday, 14/02/2019 Sekretaris Daerah 0 comments

BAKOHUMAS – Banyaknya peluang investasi yang ada di kota Palembang, membuat Konsul Amerika Serikat untuk Sumatra yang berkantor di Medan kembali mengunjungi Palembang.

Kunjungan para konsulat Amerika Serikat ini disambut oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palembang, Harobin Mustofa, Kamis (14/2/2019) diruang rapat II setda Kota Palembang.

Salah satu progres yang saat ini tengah dibuat oleh Pemkot Palembang yakni Embung atau kolam untuk menampung air baku. Peluang inilah yang ditawarkan Pemkot ke Konsul Amerika Serikat untuk kerjasama pengelolaannya.

"Banyak yang kita tawarkan, salah satunya masalah air bersih. Pak Wali Kota Palembang, H Harnojoyo kan konsentrasi untuk membangun embung. Nah, ini bagus jika konsul Amerika Serikat ini mau berinvestasi untuk pengelolaanya," ujarnya.

Diakui Harobin, Palembang saat ini kerap mengalami kebocoran air sebanyak 400 meter per detik dan kekurangan suplai air bersih. Untuk itu, Wali Kota Palembang membuat embung air baku. "Kita berharap jika mereka mau berinvestasi," kata Harobin.

Tak hanya itu, masalah transportasi juga menjadi peluang bagaimana transfortasi di kota Palembang. "Mereka (Amerika) kota metropolis. Pastinya masalah transportasi sangat baik. Kita juga minta bantuan bagaimana memanfaatkan moda transfortasi massal ini seperti LRT bisa menjadi moda transportasi massal," bebernya.

Begitu juga bidang pendidikan, lanjut Harobin juga bisa dalam bentuk pertukaran pelajar dan lain sebagainya. "Dalam hal hubungan birokrat kita juga sudah ada beberapa staf kita yang melakukan diklat ke Amerika selama ada dua minggu hingga satu bulan. Hal ini juga akan kita tindaklanjuti," ungkapnya.

Harobin berharap kedatangan para Konsul Amerika Serikat ini bisa berinvestasi dan kerjasama dengan kota Palembang. “Mudah-mudahan kerjasama yang sudah terjalin ini bisa kita tingkatkan lagi,” harapnya.

Sementara itu, Konsulat Amerika Serikat untuk Sumatra, Juna P Salin didampingi Staf Ahli Politik Ekonomi, Rachma Jaurinita mengaku, senang bisa datang kembali ke Kota Palembang.

"Ini kunjungan pertama di 2019, tapi ini sudah ke sepuluh atau 15 kalinya ke Kota Palembang. Namun kali ini spesial, karena ini merupakan salah satu agenda kami untuk mensukseskan hubungan diplomatis Indoensia dan Amerika yang sudah 70 tahun," jelasnya.

Dicontohkannya, seperti di bidang pendidikan misalnya. Pihak Konsul Amerika Serikat saat ini juga sudah mendatangi sekolah-sekolah di kota Palembang untuk menjelaskan program pendidikan di Amerika Serikat.

"Kita juga ingin tunjukkan ke publik. Bukan hanya ke pemerintah saja tapi ke swasta dan berbagai bidang lainnya," jelasnya.

Ia menambahkan, pertukaran pelajar misalnya banyak alumni dari Amerika Serikat yang kembali pulang membangun daerahnya.
(*)

Comments ( 0 )
Post Comment

© 2018 BAKOHUMAS Kota Palembang