Pemkot Palembang Terus Salurkan Paket Sembako Bagi 38 Ribu KK Terdampak Covid-19

Thursday, 16/04/2020 Walikota Palembang 0 comments

BAKOHUMAS - Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang terus mengupayakan gerakan gotong royong dalam membantu sesama, guna memaksimalkan penanganan penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Kota Palembang.

Hal itu dapat dilihat dari terus diterimanya bantuan berupa sembako serta Alat Pelindung Diri (APD) dari beberapa kelompok masyarakat dan pihak-pihak swasta yang dipusatkan di Posko Tanggap Covid-19 yang berada di kediaman Dinas Wali Kota Palembang.

Wali Kota Palembang, Harnojoyo mengatakan, ada sebanyak 38 ribu Kepala Keluarga (KK) yang akan diberikan bantuan sembako, waktu pemberian ini tidak bisa diprediksi sampai kapan. Makanya sumbangan terus diterima oleh pihaknya.

"Inilah peran kita semua dalam rangka memutus penyebaran covid 19 dan menolong masyarakat. Saya berharap penyebaran ini tidak berlangsung lama, sehingga aktifitas bisa berjalan dengan normal seperti biasanya," ujarnya usai menerima bantuan sembako dari Komunitas Jeep Palembang Nian (JPN) Sriwijaya, Kamis (16/4/2020).

Harnojoyo juga mengatakan, pihaknya telah mengadakan rapat bersama gugus tugas, yakni Dandim, Polrestabes dan Kejati mengenai teknis pembagian sembako. Sehingga betul-betul sampai kepada masyarakat yang membutuhkan.

"By Name By Addres (kesesuaian data nama dan alamat, red) dan data sudah ada di Dinas Sosial. Jadi 38 ribu KK itu di luar dari Program Keluarga Harapan (PKH). Pembagian ini kita lakukan Door to Door yang mana gugus tugas akan bekerjasama dengan camat dan lurah, dan lurah akan mengkerahkan RT nya dibantu dengan gugus tugas untuk membagikan ke masyarakat, sehingga ini tepat salurannya," jelasnya.

Lanjutnya, saat ini Pemkot Palembang sudah merelokasi anggaran sebesar 200 Miliar terkait penanganan covid-19. "Diantaranya kita sudah memberdayakan UKM untuk membuat masker. Begitu juga dengan dapur umum, kita tidak masak sendiri tapi kita berdayakan rumah makan, sehingga roda ekonomi di masyarakat tetap berjalan," tutrnya.

Sementara itu, Ketua Umum JPN Sriwijaya, Harobin Mustofa menuturkan, kita memberikan bantuan untuk korban dampak covid-19, bakti sosial ini kita berikan secara langsung dengan Wali Kota Palembang. Untuk covid-19 pihaknya tergugah rasa impati untuk memberikan bantuan berupa beras sebanyak 1 ton.

"Yang penting ini rasa peduli kami untuk membantu sesama saudara kita yang terdampak Covid-19. Kita berharap bantuan ini bisa tersampaikan kepada masyarakat," tukasnya.
(*)

Comments ( 0 )
Post Comment

© 2018 BAKOHUMAS Kota Palembang