Penuhi Stok Darah, PMI Kota Palembang Gagas Pembuatan Produk Darah

Friday, 02/08/2019 Lain-lain 0 comments

BAKOHUMAS - Unit Donor Darah Palang Merah Indonesia (UDD PMI) Kota Palembang akan membuat produk darah, hal ini dilakukan untuk mencukupi stok darah yang tersedia di PMI kota Palembang.

Ketua PMI kota Palembang, Fitrianti Agustinda mengatakan, jumlah kantong darah yang ada di PMI Kota Palembang saat ini bisa mencapai 5.000, akan tetapi permintaan akan terus bertambah, seiring dengan meningkatnya jumlah penduduk.

"Iya tahun ini semoga bisa terealisasi pembuatan produk darah. Kita masih menunggu Cara Pembuatan Obat yang Baik (CPOB). Kalau ini sudah terealisasi PMI Kota Palembang akan menjadi pusat penyedian darah, khususnya di Sumsel," ujarnya usai

Pertemuan Regional I UDD PMI (Sumatera, DKI, Jakarta dan Banten) di Hotel Horison Ultima Palembang, Jumat (2/8/2019).
Ia juga mengatakan, dari seluruh jumlah penduduk di Kota Palembang, stok darah yang tersedia di PMI Kota Palembang, setidaknya mesti 2,5% dari jumlah penduduk. Maka dari itu, pihaknya juga terus menjalin komunikasi dan kerjasama dengan BUMN dan BUMD yang siap untuk memberikan donor darah.

"Selain bekerjasama dengan pemerintah, kita juga jalin kerjasama dengan BUMN dan BUMD, dimana setiap ada kegiatan pastinya mereka siap untuk menyumbangkan darah. Dan kita juga berharap seluruh elemen masyarakat untuk sama-sama sadar bahwa mendonorkan darah selain membantu sesama saudara, hal ini juga bisa menjaga kesehatan tubuh kita," terangnya.

Untuk program kedepan, pihaknya akan terus meningkatkan yang menjadi prioritas terlebih dulu, pertama PMI kota Palembang akan memenuhi stok darah. "Kami berharap stok darah di PMI akan terus bertambah. Dan kedua, CPOB tahun ini segera terealisasi dan berjalan dengan lancar," harapnya.

Sementara itu, Ketua UDD PMI Regional I Sumatra, DKI, Jakarta, dan Banten, dr Linda Waseso menuturkan, perkembangan PMI di Sumsel, khususnya PMI kota Palembang yang paling maju. Dan juga PMI Palembang akan mensuplai plasma darah, hal ini tinggal menunggu CPOB. "Sekarang ini sedang visitasi dari BPOM, karena PMI akan menerima sertifikasi pembuatan obat," tuturnya.

Dikatakannya, kehadiran PMI sebetulnya hanya untuk memenuhi darah di Rumah Sakit. Dan saat ini kota Palembang kebutuhan darah nya terbilang cukup baik.

"Palembang kan zonasi nya cukup besar dan berada di tengah kota, apalagi rumah sakit di Palembang banyak, makanya kebutuhan darah nya banyak dibanding daerah lain. Jadi kita berharap PMI kota Palembang terus siap menyediakan pasokan darah," tutupnya.
(*)

Comments ( 0 )
Post Comment

© 2018 BAKOHUMAS Kota Palembang