Penyesuaian Tarif, Tirta Musi Siap Tingkatkan Pelayanan

Thursday, 16/06/2022 Lain-lain 0 comments

Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Musi Palembang akan melakukan penyesuaian tarif air minum pada Juli 2022. 

Andi Wijaya Adani, Direktur Utama perusahaan itu, mengatakan, penyesuaian tarif yang diberlakukan sebesar 15 persen. Saat ini tarif air minum yang diberlakukan Rp 3.977 meter kubik. 

“Ini memang sudah berdasarkan sejumlah pertimbangan, dan juga kajian. Seperti perlunya pengembangan perusahaan dan investasi, termasuk juga sudah begitu lamanya tarif PDAM belum naik (11 tahun),” Andi menerangkan, Kamis (16/6/2022).

Penyesuaian tarif sebesar 15 persen ini berlaku untuk semua pelanggan, baik itu pelanggan niaga ataupun pelanggan rumah tangga.

“Tarif kita yang ada sekarang dibandingkan dengan tarif PDAM lainnya yang paling murah. Contohnya saja Jambi yang tarif PDAM Tirta Mayang nya saja sudah Rp7. 230 per m3, sementara PDAM Tirta Musi Palembang masih di Rp3. 977 per m3."

Andi Wijaya mengatakan ada sejumlah alasan atau faktor mengapa tarif air PDAM ini harus naik atau dinaikkan. 

Yaitu pertama terkait rencana bisnis PDAM. PDAM Tirta Musi Palembang ingin meningkatkan lagi pelayanan ke masyarakat.

“Di antaranya kita ingin membangun Intake Kalidoni kapasitas 250 liter/detik. Membangun pipa air baku, IPA Kalidoni dan IPA Borang. Kita juga akan berupaya untuk meningkatkan layanan air bersih, sekarang ini rata-rata 13 jam per hari. Ini akan kita tingkatkan lagi," Andi menerangkan. 

Dia melanjutkan, faktor-faktor selanjutnya adalah soal kondisi keuangan. Ketiga tarif pemulihan biaya penuh, keempat faktor inflasi, kelima faktor upah minimum regional (UMR), keenam nilai kurs mata uang asing, tarif air minum rata-rata nasional

Ketujuh tarif batas atas dan tarif batas bawah di Provinsi Sumsel dan kedelapan survei kepuasan pelanggan. 

Sementara itu, Wakil Ketua Forum Komunikasi Pelanggan PDAM Tirta Musi Palembang, Saim Marhadan, mengatakan, pihaknya sudah menerima banyak masukan dari masyarakat dan sejauh ini bisa memahaminya.

“Kita bisa menerima, tapi tentu saja jika ada penyesuaian tarif ini harus ada peningkatan pelayanan ke masyarakat. Sehingga, dampaknya benar-benar terasa dan layanan air bersih dari PDAM Tirta Musi ini, semakin terdepan,” ujar Marhadan. (*)

Comments ( 0 )
Post Comment

© 2018 BAKOHUMAS Kota Palembang