PPID Perlu Samakan Persepsi

Tuesday, 24/07/2018 SKPD 0 comments

Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) perlu memiliki kesamaan persepsi terkait penyebarluasan informasi ke masyarakat.

“Kita ingin semua informasi yang ke luar itu sama. Dengan kata lain, informasi tersebut tidak hanya dari dinas semata, tapi juga Pemkot Palembang. Sehingga, ke depan tidak ada pemahaman yang berbeda dari informasi yang disampaikan ke publik tersebut,” kata Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Palembang, Aris Munandar, usai membuka diklat PPID se-Kota Palembang, di Hotel Grand Duta, Senin (23/7/2018).

Apalagi, berdasarkan ketentuan perundang-undangan, data yang keluar dan masuk harus melalui Diskominfo. Untuk itu, perlu disepakati informasi yang hendak disampaikan ke masyarakat. Apakah informasi tadi perlu dibuka ke publik atau tidak.

Aris mengatakan, sesuai tugas pokok dan fungsi Dinas Kominfo Palembang, data yang ada akan dikelola sedemikian rupa baik yang sifatnya rahasia atau yang dikecualikan.

“Semua data yang masuk akan kita kelola, apakah ini layak dikeluarkan atau disimpan.”

Sementara itu, Komisioner Komisi Informasi Provinsi Sumsel, Muhammad Zaky Shahab, mengatakan sangat penting bagi semua PPID untuk mengetahui peranan dan tugas masing-masing.

“Sehingga data atau informasi yang diberikan ini terupdate sedemikian rupa. Paling tidak, semua informasi yang ke luar ini sudah dikaji dan dikelola dengan baik, dan sudah melalui proses sebagaimana yang diatur dalam peraturan perundang-undangan. Sehingga nantinya ini menjadi informasi yang bermanfaat bagi semua masyarakat.” (*)

 

 

Comments ( 0 )
Post Comment

© 2018 BAKOHUMAS Kota Palembang