Rawan Kebakaran, Permukiman Padat di SU I Segera Ditata

Thursday, 06/09/2018 SKPD 0 comments

Kawasan permukiman padat, khususnya di bantaran sungai di Kecamatan Seberang Ulu (SU) I, Palembang, jadi prioritas penataan.

“Dua bulan terakhir ini, setidaknya sudah terjadi tiga kebakaran di Kecamatan Seberang Ulu I. Semua lokasi kebakaran tadi berada di pemukiman padat penduduk dan minimnya akses atau fasilitas utilitas dan jalan yang memadai. Ke depan, ini akan kita tata,” kata Camat Seberang Ulu I, Novran Hansya, Senin (3/9).

Ia menerangkan, dari 5 kelurahan yang ada di Kecamatan Seberang Ulu, yakni Kelurahan 1 Ulu, 2 Ulu, 3-4 Ulu, 5 Ulu dan Kelurahan 7 Ulu, hampir setengahnya tinggal di pemukiman padat penduduk. Belum lagi, sempitnya jalan menuju ke kawasan tersebut mempersulit penanganan dan pemadaman api ketika terjadi musibah kebakaran.

“Tidak bisa disalahkan juga. Karena memang faktanya kawasan tersebut sulit dilalui kendaraan roda empat. Sehingga ketika terjadi kebakaran, api cepat membesar dikarenakan bangunan rumah yang terlalu rapat. Sedangkan untuk memadamkan juga butuh waktu, khususnya untuk menjangkau langsung ke pusat kebakaran. Ini yang kita khawatirkan, jadi sudah sangat mendesak untuk ditata,” kata Novran pula.

Lurah 5 Ulu, Istighfar Chalik, mengungkapkan, selama ini pihaknya terus melakukan sosialisasi ke masyarakat terutama pemukiman padat penduduk untuk lebih teliti lagi, terutama terkait pemakaian listrik dan api.

Bahkan pihak kelurahan terus melakukan koordinasi dengan tokoh masyarakat dan ketua RT/RW setempat untuk memastikan langkah evakuasi ketika terjadi kebakaran.

“Kita tekankan di sini pada pola pencegahan dari pada evakuasi saat kebakaran. Untuk itu, kita imbau, semua masyarakat agar memeriksa semua perlatan elektronik dan kompor atau sakelar lampu. Yang tidak kalah penting, jangan biasakan tidur saat lampu mati dan lilin dalam kondisi menyala. Pastikan dulu aman baru berpergian,” ujar Chalik. (*)

Comments ( 0 )
Post Comment

© 2018 BAKOHUMAS Kota Palembang