Realisasi Pembangunan Fisik oleh OPD Palembang Capai 75,55 Persen

Thursday, 13/12/2018 Sekretaris Daerah 0 comments

Realisasi pencapaian pembangunan fisik oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota Palembang baru mencapai 75,55 persen. Capaian ini dinilai menurun jika dibandingkan tahun lalu di periode yang sama, yakni 83,1 persen.

Hal ini diungkapkan Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Kota Palembang, Ir H Agus Kelana MT, di sela pembukaan Pelaporan Monitoring, Evaluasi dan Pengendalian Realisasi Kinerja Keuangan, Fisik dan Pengadaan Kota Palembang, di The Zuri Palembang, Rabu (12/12).

Diakui Agus, jika rendahnya pelaporan ini juga disebabkan ada lima Organisasi Perangkat Dinas (OPD) yang belum menyampaikan laporan.

“Kita sudah ada aplikasi ikhtisar realisasi kinerja perangkat daerah (SIEPRA). Diharapkan masing-masing OPD dapat memanfaatkan aplikasi tersebut dan tertib melakukan pelaporan lewat aplikasi,” katanya.

Begitu juga dengan realisasi pelaporan keuangan sekitar 61.39 persen atau Rp2,4 miliar.

“Kalau kita lihat kemajuan fisik lebih tinggi dibandingkan kemajuan berdasarkan pelaporan keuangan. Bahkan ada OPD yang capaiannya terendah yaitu 7,9 persen dan sekretariat hanya 42,5 persen,” kata Agus.

Hal ini, ujar Agus, mempengaruhi progres secara keseluruhan, padahal tahun ini sesuai arahan Presiden RI, Jokowi harus segera pelaporan kegiatan dan sudah terkoneksi ke Presiden.

“Jadi, Presiden secara langsung bisa memantau capaian kegiatan lembaga pusat maupun daerah,” katanya.

Selain itu, lanjut Agus perlu diapresiasi untuk capaian tertinggi yang ditempati oleh Dinas Lingkungan Hidup (DL HK) Kota Palembang yakni 82 persen. Untuk itulah, ia meminta kepada OPD agar serius dan cepat untuk melaporkan masing-masing kegiatan.

“Apalagi adanya aplikasi memberikan kemudahan bagi pelapor,” imbaunya.

Kepala Bagian Pembangunan Setda Kota Palembang, Zuriyati, mengatakan tahun ini ada 6.373 paket kegiatan. Ke depan diharapkan lebih cepat untuk melaporkan capaian kegiatan agar lebih baik lagi.

“Mudah-mudahan ke depan masing-masing OPD lebih cepat dan tepat waktu dalam melakukan pelaporan kegiatan fisik maupun keuangan, agar pembangunan kota Palembang lebih merata.” (*)

Comments ( 0 )
Post Comment

© 2018 BAKOHUMAS Kota Palembang