Sekda Ratu Dewa: Wartawan Mesti Kompeten dan Profesional

Wednesday, 17/07/2019 Sekretaris Daerah 0 comments

Pemerintah Kota Palembang bekerja sama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumsel menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) untuk tingkat Wartawan Muda.

Acara itu secara resmi dibuka oleh Sekretaris Daerah Kota Palembang, Ratu Dewa, di Ruang Parameswara Setda Kota Palembang, Rabu (17/7/2019). 

"Saya sangat mengapresiasi kegiatan UKW dan patut dilaksanakan agar ke depan wartawan lebih berkompeten dan profesional," ujar Dewa. 

Ia mencatat tiga hal yang menjadi pekerjaan rumah (PR) secara bersama. 

Yakni kebebasan pers, karena saat ini masih ada kekerasan kepada pers, kemudian profesionalisme pers, dan kesejahteraan wartawan. 

"Ini PR besar bagi PWI. Kami sebagai pemerintah sangat terbantu dengan adanya media, kritik konstruktif sangat kami harapkan, agar Palembang Emas Darussalam terwujud," kata Dewa, yang pernah menjabat Kabag Humas Pemprov Sumsel, dan pernah pula menjadi Kabag Humas Pemkot Palembang, ini. 

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumsel, Firdaus Komar, mengatakan, UKW sebagai bentuk profesionalisme wartawan. 

"Kalau di Jawa sana, narasumber tidak mau diwawancara kalau wartawannya tidak atau belum mengikuti uji kompetensi," ujarnya.

Sebanyak 18 wartawan ikut orang yang mengikuti UKW ini. 

Ia berharap, setelah mengikuti UKW, peserta dapat mengimplementasikan ilmu yang didapat. 

"Skil yang dilakukan sehari-hari dalam mengeluarkan produk. Terpenting adalah memiliko knowledge, kesadaran etika dan ketaatan hukum," kata Firdaus. 

Djunaidi Tjuti, salah satu anggota penguji di UKW ini, mengakui saat ini banyak media abal-abal dan memberitakan hanya sepihak, bahkan menghantam nara sumber untuk tujuan tertentu. 

"Saya sangat berharap melalui kegiatan ini seluruh wartawan memiliki kompetensi yang baik. Kami juga mengucapkan terima kasih atas kerja sama Pemkot Palembang untuk mengadakan UKW ini," kata Djunaidi. (*)

 

 

 

Comments ( 0 )
Post Comment

© 2018 BAKOHUMAS Kota Palembang