Terapkan Reading Time dan Gerobak Baca, SDN 1 Palembang Giatkan Gerakan Literasi Sekolah

Thursday, 07/02/2019 Lain-lain 0 comments

BAKOHUMAS - Guna meningkatkan pendidikan karakter kepada siswa dan meningkatkan minat baca siswa SD Negeri (SDN) 1 Palembang terus menggiatkan program Gerakan Literasi Sekolah.

Selain menjadi bagian dari proses pembentukan akhlak anak bangsa, pendidikan karakter ini pun diharapkan mampu menjadi pondasi Palembang Emass 2025.

Kepala SDN 1 Palembang Nurhasanah mengatakan, pembentukan karakter yang menjadi visi dan misi sekolah dapat diwujudkan lewat kegiatan literasi.

"Literasi ini sebagai pembiasaan, setiap harinya, siswa dan guru wajib membaca minimal selama 15 menit. Itu sebagai satu yang wajib dilakukan oleh murid maupun guru,” ujarnya, Rabu (7/2/2019).

Menurutnya, membaca 15 menit atau reading time bertujuan untuk menumbuh kembangkan budaya literasi membaca, dan menulis siswa di sekolah. Disamping itu, untuk mewujudkan pembentukan karakter positif siswa.

"Dengan seperti ini, kita menumbuhkan minat baca siswa di sekolah ini, selain itu juga kita membuat jadwal kunjungan perpustakaan, bagi siswa yang ingin meminjam buku diperbolehkan dengan lama peminjaman selama 3 hari," terangnya lagi.

Nurhasanah menambahkan, untuk memotivasi minat baca siswa disekolahnya, pihaknya juga menyediakan gerobak baca, agar siswa memiliki wawasan yang lebih dari buku-buku yang disediakan di perpustakaan dan di gerobak baca. 

“Supaya anak tidak jenuh kita sediakan jenis-jenis buku fiksi, non fiksi dan buku referensi, dan baru-baru ini pihak sekolah pun mendapat bantuan buku dari pemerintah sebanyak 426 judul buku dengan 482 eksemplar," bebernya.

Banyaknya buku yang dikoleksi oleh perpustakaan dan gerobak baca ini, kita harapkan siswa/siswi memiliki wawasan yang luas. "Dengan banyak membaca, sehingga apa yang tidak dapat mereka ketahui dari buku pelajaran mungkin akan mereka dapat dari buku yang mereka baca dari perpustakaan sekolah dan gerobak baca yang kita sediakan ini,” tutupnya.
(*)

Comments ( 0 )
Post Comment

© 2018 BAKOHUMAS Kota Palembang