Transaksi Non Tunai Cegah Praktik Korupsi

Friday, 21/09/2018 Sekretaris Daerah 0 comments

Pemerintah Kota Palembang mengimbau seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk menerapkan transaksi non tunai.

Hal ini sesuai Peraturan Walikota (Perwali) Nomor 71 Tahun 2017 yang telah diperbarui No. 14 Tahun 2018 tentang Penerapan Transaksi Non Tunai.

“Sistem transaksi non tunai pengelolaan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Palembang ini harus diterapkan guna memberikan pemahaman transparansi penggunaan keuangan,” ujar Kasubag Perbendaharaan dan Verifikasi Keuangan Kota Palembang, Siti Vebriani, di sela-sela pembukaan Sosialisasi Non Tunai di Lingkungan Setda Palembang, Kamis (20/9/2018).

Melalui sosialisasi ini diharapkan bisa mengedukasi seluruh pegawai untuk menerapkan sistem non tunai dalam penggunaan anggaran.

Vebriani mengatakan, sesuai dengan Perwali tersebut, ke depan semua transaksi baik pembayaran maupun penerimaan, tidak lagi dilakukan secara tunai, tetapi melalui aplikasi.

“Sekarang zamannya serba non tunai. Itu juga yang diinginkan Wali Kota terhadap sistem pengelolaan keuangan daerah, agar terhindar dari praktik-praktik korupsi.”

Ada dua cara transaksi. Yakni melalui Bank SumselBabel yang telah memiliki aplikasi sendiri, atau menggunakan sistem transfer dengan menggunakan bank lain.

“Ke depan semua bendahara keuangan pemerintahan di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tidak ada lagi yang memegang uang secara tunai,” kata Vebriani.

Karena transaksi secara tunai sangat rentan terhadap hal-hal yang dapat berdampak pada pemotongan-pemotongan yang seharusnya tidak ada.

“Selain untuk menghindari praktik-praktik pemotongan yang seharusnya tidak ada, kedua untuk menghindari uang yang diterima asli atau palsu,” kata Vebriani.

Penerapan ini mulai berlaku sejak 1 Agustus lalu dan Pemerintah Kota Palembang secara bertahap mulai melakukan sosialisasi terkait mekanisme transaksi non tunai.

Saat, kata Vebriani, hampir 50 persen persiapan pelaksanaan aplikasi non tunai di Bidang Bendahara Pengeluaran Pembantu Bagian di lingkungan Setda. (*)




Comments ( 0 )
Post Comment

© 2018 BAKOHUMAS Kota Palembang