Box Layout

HTML Layout
Backgroud Images
Backgroud Pattern
  • HACKED by SenpaiXCrew :D
blog-img-10

BBPOM Palembang Musnahkan Ratusan Kosmetik Tak Layak Edar

Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Palembang memusnahkan 424 pcs kosmetik tak layak edar. Plt Kepala BBPOM Palembang, Tedy Wirawan, mengatakan, ratusan kosmetik ini hasil dari intensifikasi pengawasan kosmetik pada klinik kecantikan yang dilaksanakan dari tanggal 19 sampai 23 Februari 2024.

Untuk pengawasan dilakukan di tiga daerah, yakni Kota Palembang, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) dan Ogan Komering Ulu (OKU) Timur.

“Untuk jumlah sasaran yang dilakukan, ada 28 klinik kecantikan yang kita lakukan pengawasan,” ujar Tedy, didampingi Plt Disperindag Provinsi Sumsel, dan Ketua Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Sumsel Taufik Husni, di aula BBPOM Palembang, Kamis (29/2/2024).

Tedy menyebutkan, dari 28 lokasi tersebut, ada 7 tempat ditemukan kosmetik yang tidak memenuhi standar. Kemudian untuk produk tersebut ditemukan 26 item, dan itu semua tanpa izin edar.

“Kami tidak menemukan yang diduga bahan berbahaya atau kadaluarsa, semuanya tanpa izin edar dengan total 424 pcs dengan total kerugian Rp39.904.000,” ujar Tedy.

Ia menambahkan, selain parfum, BBPOM Palembang juga mendapati sejumlah bahan tanpa izin edar, berupa krim racikan, skin whitening cream, facial wash, body lotion, dan serum.

Sementara itu, Plt Kepala Disperindag Sumsel, Henny Yulianti, meminta masyarakat untuk lebih cerdas dan cerdik guna mengecek kadaluarsa, izin edar, kemasan dan lain sebagainya.

“Jangan hanya melihat karena murahnya, akan tetapi kita memakai produk sesuai standar izin edarnya,” katanya. (*)